Napi Rutan Kraksaan Menangkan Prabowo-Gibran

70

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pasangan Capres-cawapres Prabowo-Gibran, berhasil memenangkan suara dengan telak di tempat pemungutan suara (TPS) di Rutan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Sementara itu, pasangan Amin jauh tertinggal.

TPS di Rutan Kraksaan merupakan salah satu dari 20 TPS Lokasi Khusus (Loksus) yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo. Terdaftar sebagai TPS Nomor 901.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Sanugu, menyatakan bahwa saat ini Rutan Kraksaan menampung 379 narapidana. Namun hanya 188 yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sementara itu, ada 171 yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Mereka ini mencoblos di TPS reguler yang berdekatan; petugasnya sudah datang ke sini,” katanya pada Rabu (14/2/2024).

Baca Juga :   Bawa Ajudan Bupati, KPK Kembali Geledah Rumah Hasan Tantri

Sementara itu, 20 narapidana tidak dapat menggunakan hak suaranya karena domisilinya berada di luar provinsi. Akibatnya, proses pemindahan untuk menggunakan hak suara mengalami kendala.

Sanugu menjelaskan bahwa setelah dilakukan penghitungan suara, pasangan dengan nomor urut 02 keluar sebagai pemenang mutlak di antara pesaingnya.

Prabowo Gibran berhasil mendapatkan suara 5 kali lipat lebih banyak dari pesaing terdekatnya. Pasangan 02 berhasil mendapatkan dukungan 143 narapidana.

Selanjutnya, pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD mendapatkan 27 suara. Sementara pasangan Anies R Baswedan – Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan 13 suara.

“Ada juga dua surat suara yang tidak sah,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kasubsi Pelayanan Tahanan di Rutan Kraksaan itu.

Baca Juga :   Ada 765 Karyawan Perusahaan di Probolinggo Dirumahkan hingga Di-PHK

Selain dari jumlah suara, pihaknya juga menemukan 3 surat suara yang rusak. Sehingga, 3 narapidana tidak dapat menggunakan hak suaranya.

“Iya, yang tiga surat suara rusak, makanya nanti akan kami sampaikan untuk membuat berita acara dan disampaikan ke KPU,” ujarnya. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.