Pecinta Kopi Harus Tahu, Ini Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

366

Pasuruan (WartaBromo.com) –¬† Sebagian pecinta kopi pasti ada yang gemar mengkonsumsi kopi tanpa gula setiap hari. Padahal ada efek minum kopi tanpa gula setiap hari tak baik bagi kesehatan.

Meski begitu, dilansir dari kompas.com ternyata, minum kopi tanpa gula setiap hari umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping tertentu untuk beberapa orang. Namun bagi yang sensitif terhadap kafein bisa menimbulkan efek tersendiri.

Lantas, apa efek minum kopi tanpa gula setiap hari?

1. Memicu Produksi Hormon Adrenalin

Efek pertama yang ditimbulkan adalah bisa memicu produksi hormon adrenalin secara berlebihan. Bila hormon ini muncul berlebihan, maka akan menyebabkan rasa cemas dan gugup.

2. Meningkatkan Risiko Insomnia

Bagi sebagian orang yang sudah biasa mengkonsumsi kopi pasti tak pengaruh terhadap kualitas tidur. Namun, bagi yang sensitif terhadap kafein pasti akan mengalami kesulitan tidur setelah minum kopi.

3. Meningkatkan Produksi Hormon Gastrin

Efek minum kopi tanpa gula selanjutnya adalah bisa meningkatkan produksi hormon gastrin di dalam lambung. Nah, gastrin merupakan hormon peptida besar yang disekresikan dalam beberapa bentuk di antrum pilori lambung.

Bila terlalu sering minum kopi tanpa gula setiap hari, maka akan memperburuk gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) dan menyebabkan diare. (jun)