Wajib Tahu! Waktu Sahur Terbaik Menurut Ajaran Islam

57

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi Bolo Warmo yang Ramadan di tahun-tahun sebelumnya sahur asal-asalan, kini sudah saatnya tahu waktu sahur terbaik menurut ajaran Islam. Waktu sahur ini sudah dijelaskan di dalam Al-Quran.

Tak hanya soal waktu sahur, Islam sebenarnya banyak mengajarkan berbagai hal tentang setiap detak kehidupan di dunia. Tentu banyak manfaatnya untuk akhirat dan juga dunia.

Berikut waktu sahur terbaik menurut ajaran Islam dilansir dari nu.or.id:

Dalam Islam, sahur sebaiknya dilakukan sebelum fajar, yang dikenal sebagai suhur. Pada saat ini, kita bisa makan dan minum sampai benang putih terlihat di langit, menandakan awal fajar. Petunjuk ini diambil dari surah Al-Baqarah (2:187) Al-Qur’an.

Baca Juga :   Walikota Pasuruan Bagi - bagi Duit di Alun - alun

Mengapa waktu sahur sebelum fajar dianjurkan? Tujuannya simpel: memberikan tenaga dan kekuatan, fisik serta spiritual, selama puasa. Rasulullah SAW pun mengingatkan, “Sahur itu berkah, jangan dilewatkan meski hanya dengan segenggam air.”

Dalam riwayat hadis Ahmad, Rasulullah SAW menyatakan bahwa kebaikan umatnya terletak pada segera berbuka dan menunda sahur. Menurut penafsiran Abu Bakar Al-Kalabazi, menunda sahur dapat diartikan sebagai melaksanakan sahur pada sepertiga akhir malam.

Selain berhenti makan dan minum, ‘mengakhirkan sahur’ juga mencakup mengisi waktu tersebut dengan ibadah seperti sholat, zikir, dan berdoa.

Waktu sahur yang tepat bukan hanya kewajiban, tapi juga peluang meraih keberkahan selama ibadah puasa. Memahami dan mengikuti petunjuk tentang waktu yang diajarkan islam untuk sahur bukan hanya aturan, tapi cara merasakan nikmatnya berpuasa dengan kesadaran dan keikhlasan.

Baca Juga :   Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur agar Tidak Mudah Haus saat Puasa

Gimana Bolo, Sudah siap untuk sahurnya? Mengingat Rasulullah SAW sudah mengingatkan kita untuk segera berbuka dan menunda sahur. Tetap jaga kesehatan dan selamat menjalankan ibadah puasa. (mga/jun)