Banjir di Kabupaten Pasuruan Tak Kunjung Surut, BPBD Buka Dapur Umum

81

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir merendam tiga kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sampai saat ini, banjir masih belum surut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi mengungkapkan, air masih menggenang cukup tinggi di pemukiman wilayah Dusun Kebrukan, Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati.

Di Kebrukan, kata Sugeng, ada beberapa warga yang ngungsi ke rumah tetangga, saudara, dan masjid di sekitar lokasi.

“Memang yang masih menggenang cukup parah di wilayah Kebrukan,” kata Sugeng, Minggu (10/03/2024).

Namun demikian, banjir di sejumlah desa di Kecamatan Winongan sudah mulai surut, meski belum benar-benar kering. Warga sampai sekarang masih kerja bakti membersihkan lumpur bekas banjir.

Selain itu, Sugeng menyebut, per hari ini ada dua desa yang baru tergenang banjir, yakni Desa Patuguran dan Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso.

Penanganan banjir saat ini berpusat di Kantor Kecamatan Winongan. Dapur umum didirikan di dua lokasi yakni Kantor Kecamatan Winongan dan Kantor PMI Kabupaten Pasuruan.

“Dapur umum ini untuk memberikan bantuan makanan untuk warga terdampak. Perahu karet juga siap di lokasi,” imbuh Sugeng.

Seperti diketahui, banjir merendam tiga kecamatan di Kabupaten Pasuruan sejak Sabtu (09/03/2024). Terparah, ketinggian banjir sempat mencapai 1,75 meter. Catatan BPBD, jumlah warga yang terdampak kali ini mencapai 7.136 jiwa. (tof/asd)