Banjir Luber ke Jalur Pantura Pasuruan, Kendaraan Dialihkan via Tol

135

Rejoso (WartaBromo.com) – Jalur Pantura di wilayah Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan terendam banjir pada Minggu (10/03/2024). Kondisi ini mengakibatkan macet hingga arus lalu lintas dialihkan.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Kota, Iptu Rio Sagita membeberkan, Jalur Pantura yang terendam banjir tepatnya di depan PT Cheil Jedang Indonesia.

Air sudah menggenangi lokasi tersebut sejak pagi, lalu sekitar pukul 16.00, air sebenarnya sudah sempat surut. Namun, pada pukul 19.00 WIB, air kembali meluber ke jalan.

“Lebih tinggi. Sekitar 30-40 cm. Akhirnya banyak kendaraan yang mogok,” kata Rio.

Jalan yang tergenang air panjangnya sekitar 150 meter. Kendaraan yang melewati jalur tersebut pun terjebak macet.

Polisi akhirnya mengalihkan arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Surabaya dialihkan untuk masuk jalur Tol Sutojayan. Sementara kendaraan dari Probolinggo dialihkan masuk jalur Tol Grati.

“Simpang tiga Blandongan ditutup,” imbuh Rio.

Seperti diketahui, tiga kecamatan di Kabupaten Pasuruan terendam banjir sejak Sabtu (09/03/2024). Tiga kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Winongan, Kecamatan Rejoso, dan Kecamatan Grati.

Hingga siang tadi sebagian desa masih tergenang banjir, sebagian lagi sudah mulai surut meski belum benar-benar kering. Catatan BPBD Kabupaten Pasuruan, jumlah warga yang terdampak kali ini mencapai 7.136 jiwa. (tof/asd)