PJ Bupati Bersama Forkopimda Probolinggo Kerja Bakti di Lokasi Banjir Dringu

9

Dringu (WartaBromo.com) – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, bersama Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana dan Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto, memimpin kerja bakti di lokasi terdampak banjir di Desa Dringu dan Desa Kedungdalem, Selasa ini.

Meskipun menjalani hari pertama puasa, Ugas menyatakan bahwa ini bukan menjadi penghalang untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

Dalam suasana Ramadhan, kerja bakti membersihkan sisa material akibat banjir di Kecamatan Dringu tetap dilakukan dengan semangat.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan solidaritas kami untuk membantu warga yang terdampak banjir, terlebih lagi dalam bulan yang penuh berkah ini,” ujar Ugas di Desa Kedungdalem, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga :   Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Jadi Tersangka Korupsi Dana LM3 Kementan

Ugas memimpin langsung kerja bakti dengan melibatkan karyawan/karyawati Pemkab Probolinggo, serta anggota TNI dan Polri.

Kegiatan dimulai dengan apel bersama di Kantor Kecamatan Kraksaan dan dilanjutkan dengan peninjauan dan kerja bakti di lokasi permukiman warga terdampak banjir.

Peserta kerja bakti dibagi menjadi dua kelompok untuk membersihkan Desa Kedungdalem dan Desa Dringu yang terdampak parah.

Selain membersihkan, mereka juga melakukan pendataan terkait kebutuhan masyarakat dan kerusakan yang terjadi.

“Dari hasil pendataan tersebut, kami akan segera mengambil langkah-langkah tindak lanjut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan,” tambahnya.

Ugas juga memantau proses pembersihan Jalan Daendels yang menghubungkan kedua desa tersebut dengan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup. Mobil pemadam kebakaran juga turut serta dalam membersihkan sisa lumpur di jalan.

Baca Juga :   TNBTS Kutuk Perusakan Tempat Sembahyang Umat Hindu Tengger, hingga Panitia Pilkades Digugat Sebesar Rp 278 Juta | Koran Online 9 Des

Berdasarkan data BPBD Probolinggo, jumlah yang terdampak banjir di Kecamatan Dringu mencapai 3.109 kepala keluarga (KK), tersebar di empat desa. Yakni Desa Dringu sebanyak 1.050 KK, Desa Kedungdalem sebanyak 1.500 KK, Desa Kalirejo sebanyak 500 KK, dan Desa Tegalrejo sebanyak 59 KK. (saw)