Rumah Kompos Power Green: Ubah Sampah Jadi Rupiah, Bangkitkan Peluang Bisnis UMKM di Desa Ranuklindungan

61

Pasuruan (WartaBromo.com)Di era keberlanjutan dan kesadaran lingkungan yang semakin meningkat, inovasi dalam pengelolaan sampah menjadi hal yang semakin penting. Di Desa Ranuklindungan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, sebuah inisiatif menarik telah muncul dari kerjasama antara PLN Indonesia Power Unit Pembangkitan (UBP) Grati dan para mitra UMKM lokal.

Dikenal sebagai Rumah Kompos Power Green, proyek ini tidak hanya memproses sampah menjadi kompos yang berguna, tetapi juga membuka peluang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat setempat.

Rumah Kompos Power Green didirikan dengan tujuan utama untuk mengolah sampah organik, khususnya ranting dan daun, yang dikumpulkan dari masyarakat Desa Ranuklindungan.

Sampah-sampah tersebut kemudian diproses menjadi kompos berkualitas tinggi yang siap dipasarkan kepada konsumen. Melalui langkah ini, proyek ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang mencemari lingkungan, tetapi juga memberikan nilai tambah ekonomi kepada masyarakat setempat.

proses pencacahan daun dan ranting untuk dijadikan Kompos

Salah satu keunggulan dari Rumah Kompos Power Green adalah kerjasama yang erat dengan masyarakat setempat. Dengan melibatkan mereka dalam pengumpulan sampah organik, proyek ini tidak hanya membantu membersihkan lingkungan, tetapi juga memberdayakan mereka secara ekonomi. Dengan pendapatan yang telah mereka hasilkan melalui Rumah Kompos Power Green ini menunjukkan potensi bisnis yang sangat menjanjikan.

Menurut Joyo Purnomo, Ketua kelompok Rumah Kompos Power Green, “Kami sangat bangga dapat berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan sambil membuka peluang bisnis bagi masyarakat desa kami. Dengan dukungan dari PLN Indonesia Power UBP Grati, kami berharap dapat terus mengembangkan proyek ini dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan dan perekonomian lokal.”

“Kami mendukung penuh langkah Rumah Kompos Power Green untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan Desa Ranuklindungan dan tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan manfaat finansial untuk menunjang kesejahteraan warga ,” kata PLT Senior Manager PLN Indonesia Power UBP Grati ,Erwin Andy Herlambang.

Langkah-langkah seperti Rumah Kompos Power Green tidak hanya memperlihatkan keseriusan dalam mengatasi masalah sampah, tetapi juga menggambarkan pentingnya kolaborasi antara sektor swasta dan masyarakat dalam menciptakan solusi berkelanjutan. Sebagai contoh yang menginspirasi, Rumah Kompos Power Green memberikan harapan bahwa dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat sambil merangsang pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal. (day/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.