Begini Cara Memasak Kepala Kambing Utuh, Bye-bye Bau Prengus!

739

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagian kepala kambing banyak diminati, karena bisa memberikan kaldu yang lezat di beberapa olahan makanan. Namun, tentu saja harus tahu cara memasak kepala kambing utuh agar tidak bau prengus.

Memasak kepala kambing utuh bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk menghilangkan bau prengus yang khas.

Nah, dengan beberapa langkah persiapan dan teknik memasak yang tepat, Bolo dapat menikmati hidangan kepala kambing yang lezat tanpa bau yang mengganggu.

Berikut adalah rahasia cara memasak kepala kambing utuh agar tidak bau dilansir dari berbagai sumber:

1. Rebus Kepala Kambing Tiga Kali

Untuk memastikan kepala kambing bebas dari bau, rebus kepala kambing sebanyak tiga kali dengan air yang berbeda.

  • Rebusan Pertama

Rebus kepala kambing dalam air mendidih selama sekitar 10-15 menit. Buang air rebusan pertama ini untuk menghilangkan kotoran dan bau yang masih tersisa.

  • Rebusan Kedua

Rebus kembali kepala kambing dalam air bersih selama 20-30 menit. Tambahkan beberapa irisan jahe dan daun jeruk untuk membantu menghilangkan bau. Buang air rebusan kedua setelah selesai.

  • Rebusan Ketiga

Rebus kepala kambing untuk terakhir kalinya dengan air baru. Proses ini memastikan kepala kambing benar-benar bersih dan bebas bau.

2. Bakar Kepala Kambing

Cara memasak kepala kambing utuh yang sangat efektif untuk menghilangkan bau pada kepala kambing adalah dengan membakar permukaan kepala kambing.

Bakar kepala kambing di atas api langsung hingga bulu-bulu yang tersisa hangus dan kulit menjadi agak kecokelatan. Proses ini membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran dan bau yang ada di kulit kepala kambing.

3. Masak Kepala Kambing dengan Bumbu

Setelah proses perebusan, kepala kambing siap untuk dimasak dengan bumbu pilihan Anda.
Tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, lengkuas, dan serai hingga harum. Beli di sini.

Masukkan kepala kambing yang sudah direbus dan tambahkan air secukupnya. Masak hingga kepala kambing benar-benar empuk dan bumbu meresap. Setelah dibakar, bersihkan kembali kepala kambing dengan air bersih.

4. Bersihkan dengan Sikat

Cara memasak kepala kambing utuh lainnya yaitu membersihkan kepala kambing dengan sikat. Gunakan sikat yang bersih untuk menggosok seluruh permukaan kepala kambing, termasuk bagian mulut, hidung, dan telinga.

Pastikan untuk membersihkan dengan teliti agar semua kotoran dan sisa bulu yang terbakar hilang. Proses pembersihan ini sangat penting untuk memastikan kepala kambing benar-benar bersih sebelum dimasak. (trr/jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.