RPH Kota Pasuruan Potong Ratusan Hewan Kurban, Layani Sampai H+3 Idul Adha

43

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan hewan kurban disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pasuruan. Layanan pemotongan dibuka hingga hari ketiga Idul Adha.

Kepala RPH Kota Pasuruan, Dyan Failasufa mengungkapkan, seluruh hewan kurban yang masuk RPH dilakukan pengecekan kesehatan sejak H-1.

Ada dua kali pengecekan yang dilakukan RPH, yakni pemeriksaan ante mortem. Ini dilakukan sebelum hewan disembelih. Selanjutnya pemeriksaan post mortem, setelah hewan disembelih.

Dyan memastikan semua hewan yang masuk ke RPH kondisinya sehat usai dilakukan pemeriksaan ante mortem. Sementara pemeriksaan post mortem dilakukan untuk melihat organ dalam binatang.

“Kalau ada hati yang terinfeksi cacing, kami lakukan pembuangan hati yang terinfeksi dan kami musnahkan,” kata Dyan, Senin (17/06/2024).

Tak hanya itu, tim kesehatan hewan RPH pada hari ini juga berkeliling ke sejumlah masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban untuk pemeriksaan post mortem.

Dyan menambahkan, juru sembelih di RPH Kota Pasuruan telah memiliki sertifikat kompetensi sebagai juru sembelih halal. Artinya, bisa dipastikan proses penyembelihan di RPH telah memenuhi standar kehalalan.

Pada tahun ini, RPH Kota Pasuruan menyembelih 50 ekor kambing dan 50 ekor sapi. Jumlah ini, menurut Dyan, hampir sama selama tiga tahun terakhir.

“Rata-rata jumlahnya segitu. Kami membuka layanan hingga H+3,” ujar Dyan. (tof/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.