Dikira Covid-19, Pasien di RSUD Bangil Ternyata Penderita TBC

2661

 

Bangil (WartaBromo.com)- Beredar kabar seorang warga menjalani isolasi di RSUD Bangil lantaran suspect Covid-19. Kabar itu pun dibantah pihak rumah sakit.

Humas RSUD Bangil, M. Hayat mengatakan, sebelumnya pihaknya memang menerima rujukan pasien dari RSUD Grati karena diduga suspect Covid-19.

“Dari pelacakan Tim Krisis Kesehatan, yang bersangkutan dinyatakan masih jauh dari kriteria Covid-19,” terang M. Hayat melalui percakapan WhatsApp.

Pihaknya melanjutkan, dari penelusuran yang dilakukan, si pasien ternyata penderita Tbc akut sejak 10 tahun silam. Selama itu, yang bersangkutan tidak tertib dalam mengonsumsi obat.

“Si pasien 10 sakit Tbc dan putus terapi, putus kontrol,” lanjut Hayat. Sebelum berangkat umrah, yang bersangkutan juga sudah mulai sakit-sakitan.

Baca Juga :   Pegiat Anti Korupsi Warning Pembangunan RSUD Bangil

Bahkan, selama di Makkah, ia juga kerap mengalami sesak napas hingga jatuh pingsan akibat hypoglikemia. “Karena itu, mempelajari jejak riwayat penyakit itu penting sebelum mengambil kesimpulan,” kata Hayat.

Menurut Hayat, saat ini, si pasien masih menjalani perawatan atas sakit Tbc yang dideritanya itu. “Kalau positif Covid-19, pastinya dirujuk. Ini masih kami rawat,” jelas Hayat. (asd)