Gandeng IZI, LAZ Annur PT Indonesia Power Grati POMU Luncurkan Program Pemberdayaan Rumah Jamur bagi Kaum Dhuafa

1925

 

Grati (Wartabromo.com) – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Annur PT Indonesia Power Grati POMU bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mampu bersinergi. Yakni berupa program pemberdayaan dalam bentuk Rumah Jamur bagi warga/kaum dhuafa.

Pada kesempatan tersebut, program yang berbasis budidaya ini dilaksanakan di dusun Krajan, Desa Kedung Rejo, Kecamatan. Winongan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

PEMOTONGAN PITA: Ketua LAZ PT Indonesia Power Grati POMU bersama IZI sedang memotong pita tanda diresmikannya rumah jamur.

Bersama dengan warga setempat, LAZ Annur PT Indonesia Power Grati POMU dan IZI luncurkan program Rumah Jamur. Peluncuran ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis dan foto bersama. Dalam peresmian tersebut ternyata mendapat sambutan dari warga sangat antusias.

EMPOWERING: Program pemberdayaan rumah jamur kelompok usaha bersama warga Kedungrejo, Winongan hasil kerjasama LAZ Annur dan IZI.

Pada tahap pertama ini sebanyak 3.000 bag log benih jamur disalurkan kepada kaum dhuafa. Harapannya perekonomian mereka bisa meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada tahap selanjutnya akan disalurkan 3.000 bag log lagi setelah masa panen.

Baca Juga :   PT Indonesia Power UPJP Perak Grati Latih Warga Pesisir Pasarkan Hasil Laut Berbasis Online

“Semoga dengan dana zakat yang disalurkan LAZ Annur Indonesia Power ke program ini bisa menjadi keberkahan kepada para muzakki dan seluruh pihak yang terlibat. Serta program ini dapat bermanfaat dan menjadikan para penerima manfaat berkembang secara ekonomi. Karena jamur mulai banyak yang meminati” tutur Christna Hadjarwan, Ketua LAZ Annur PT Indonesia Power Grati POMU.

DITELITI: Ribuan bag log jamur yang diserahkan LAZ Annur ke warga dhuafa Kedungrejo tetap diteliti pertumbuhannya.

Program budidaya jamur ini secara teknis kelompok akan diberikan bibit jamur beserta perangkatnya berupa bag log. Selain itu juga dibangunkan semacam hunian khusus sebagai lahan untuk budidaya.

“Selanjutnya akan diberikan pembinaan dalam bidang bisnis, pengembangan produk dan usaha maupun kerohanian sebagai gantinya wadah koordinasi dan silaturrahim lebih lanjut” Tutur Helmy Bachtiar, Kepala Perwakilan IZI Jatim.

Baca Juga :   PT Indonesia Power Grati POMU Bantu Air Bersih Warga

Secara geografis, dusun ini memang cukup jauh dari keramaian. Karena letaknya masih masuk ke dalam. Namun cukup banyak peminat untuk budidaya jamur ini. Sehingga cocok untuk dikembangkan, karena kondisi juga cukup lembab.

“Terima kasih banyak kepada semua donatur, karena peduli untuk perkembangan kami,” kata Saiful selaku ketua Kelompok Usaha Bersama.
Peresmian program kelompok usaha bersama Rumah Jamur ini diharapkan dapat berkelanjutan dan melahirkan banyak petani jamur lainnya di kemudian hari. (day/*)