Ada Balita Gizi Buruk Di Pasuruan

491

Bangil (WartaBromo)-Seorang balita bernama Hilmy Yahya putra pasangan Kasri (40) dan Giono (45) warga Sumbersuko,Kecamatan Purwosari diketahui menderita gizi buruk dan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit umum Bangil,Pasuruan.

Kondisi memprihatinkan balita yang masih berusia 1,5 tahun tersebut terlihat dari berat badannya yang masih 5 kilogram,padahal anak seusianya harusnya sudah berbobot 10-12 kilogram.Selain itu,balita tersebut juga belum bisa berbicara.

Orang tua sang bayi,Kasri (40)menjelaskan, jika anaknya sejak lahir tak pernah mendapatkan asupan gizi yang cukup termasuk pemberian asi eksklusif dari dirinya.

Kondisi ekonomi pasangan yang hanya bekerja sebagai buruh pabrik kapuk dan suaminya yang sehari-hari mencari rumput,membuatnya tak pernah bisa memberikannya susu ataupun makanan tambahan yang cukup.

Balita malang tersebut sebelumnya sudah dirawat di Puskesmas Purwosari namun akibat kondisinya yang memprihatinkan terpaksa di rujuk ke rumah sakit umum Bangil.

Kepala Bidang pelayanan Rumah sakit Bangil menjelaskan, jika Balita tersebut kini sudah mendapatkan perawatan intensif dari dokter.Balita tersebut mulai stabil dengan pemberian infus agar tak kekurangan cairan.

Dari diagnosa sementara,diduga balita tersebut menderita kurang gizi dengan penyakit penyerta sehingga perlu dilakukan analisa mendalam untuk mencari akarĀ  penyakitnya.

“Penyakit penyertanya masih kita cari,jadi belum bisa memastikan,”ujar Dr,Arma Rosalina,Kepala Bidang Pelayanan Rumah sakit Bangil, Jum’at (16/12).

Untuk memulihkan kondisi balita malang tersebut,setelah mendapatkan perawatan di RSUD Bangil,pihaknya akan tetap melakukan pantauan secara intensif bersama puskesmas terdekat.(yog/yog)