Jacky! Si Kambing Bertanduk Empat

667

Prigen (WartaBromo) – Kambing memiliki dua tanduk itu biasa, tapi kambing memiliki empat tanduk itu tidaklah biasa. Ketidakbiasaan tersebut dimiliki oleh Jacky, kambing bertanduk empat milik Pengasuh Pondok Pesantren Singa Putih di Desa Lumbang Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Jacky, sebelumnya dibeli oleh KH. M Saifullah Arifbillah, Pengasuh Ponpes Singa putih sekitar tiga tahun yang lalu. Saat dibeli, tanduk si Jacky masih dua buah yakni di samping kiri dan kanan serta tak ada tanda-tanda akan tumbuh lagi.

Namun  belakangan, tanduk si Jacky tiba-tiba tumbuh lagi di atas kepalanya sehingga hewan tersebut terlihat makin keliatan garang tidak sepeti kambing kebanyakan.

Dua buah tanduk yang tumbuh dikepala si Jacky pun lebih panjang  dibanding dengan yang sebelumnya di samping kiri dan kanan.

Menurut KH. M. Saifullah Arifbillah, meski kambingnya memiliki keunikan namun tidak ada perlakukan istimewa baginya.

“Setiap hari kita perlakukan sama, seperti sebelum ia memiliki tanduk lagi di kepalanya,” ungkapnya, Rabu (28/12/2011).

Meski demikian, namun keunikan tanduk yang dimiliknya membuat si Jacky tetaplah istimewa, pasalnya nilai tawar yang dimilikinya cukup tinggi dibanding kambing lain.

“Jacky pernah ditawar 50 juta rupiah, namun tidak diberikan oleh beliau,” kata Mansyur, salah seorang santri yang ditugaskan merawat dan memilihara kambing tanduk empat tersebut.

Dalam kesehariannya, Mansyur selalu memperhatikan makanan dan perawatannya agar tetap sehat dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pesantren Al-Munfaridin Singa Putih. (left/yog)