Masyaallah! Ratusan Ribu Orang Di Pasuruan Buta Huruf

189

Pasuruan (wartabromo) – Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 sebanyak 118. 734 orang di Kabupaten Pasuruan masih mengalami buta huruf. Golongan tersebut didominasi oleh mereka yang rata-rata masih berusia di atas 45 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Edi sasmita menjelaskan, kondisi ini membuatnya sangat prihatin apalagi para penyandang buta huruf kebanyakan adalah usia produktif.

“Ini sangat memprihatinkan dan menjadi tanggung jawab kita,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Pasuruan, Edi Sasmita, Jumat (13/1/2012).

Dalam data BPS tersebut dinyatakan, jumlah orang buta huruf tersebar di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Pasrepan 8.028 orang, Lekok 9.754 orang, Nguling 7.961 orang, Kraton 7.186 orang dan Rembang 6.706 orang.

”Kita akan segera menyiapkan program Keaksaraan Fungsional,” kata Edi saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam program tersebut, sebanyak 100 Kelompok Keaksaraan akan dibentuk dengan masing-masing  kelompok rencananya beranggotakan 10 orang.

“Setiap kelompok akan diajari baca-tulis, hitungan dan ketrampilan dasar,” tambah lelaki yang baru menjabat Kepala Dinas Pendidikan untuk yang kedua kalinya tersebut.

Program tersebut dibiaya oleh APBD Kabupaten dan akan berjalan selama 6 bulan. Namun demikian peserta sebelumnya diuji dan mendapatkan sertifikat bila dinyatakan lulus. (left/yog)