Si Monyet Kecil Asal Brasil, Koleksi Baru TSI II Prigen

303

Prigen (wartabromo) – Jika anda memilih untuk berlibur akhir pekan ke Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Pasuruan, maka jangan lupa untuk menyaksikan jenis Koleksi satwa baru yang kini menjadi penghuni tetap TSI II, Prigen.

Satwa tersebut adalah Common Marmoset White Ears (Callithrix Jacchus) atau si monyet kecil yang didatangkan dari habitat aslinya di Brasil.

Si monyet kecil Common Marmoset merupakan satwa primata endemik yang hidup di hutan bagian timur laut Brasil hingga di tepi laut atlantik.

Menurut salah satu keeper Taman Safari, Markus, guna proses pengembangbiakan satwa Di Indonesia, Common Marmoset dirawat secara khusus sesuai dengan habitat aslinya. Pemberian makan secara teratur seperti serangga dan buah-buahan merupakan rutinitas yang harus diberikan kepada si monyet kecil tersebut.

“Untuk makanan kita sesuaikan dengan habitat aslinya seperti pemberian jangkrik, kroto dan juga buah-buahan,” ujar markus.

Pihak Taman Safari Indonesia II sendiri menerima kedatangan hewan langka tersebut pada awal juni 2011 kemarin. Masing-masing satu ekor jantan dan tiga ekor betina.

“Yang jantan masih berumur dua bulan,” tambah Markus sambil memberi makan si monyet kecil tersebut.

Keunikan dan kelincahan hewan langka tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung kawasan wahana Baby Zoo Taman safari Indonesia 2 Prigen, Pasuruan. (left/yog)