Hari Musik Nasional, SMA Kejayan Bakal Gelar Musik Unik

215

Kejayan (wartabromo) – Hari musik nasional yang jatuh pada tanggal 9 maret 2012 nanti akan terasa istimewa bagi para pelajar SMA Negeri 1 Kejayan, Pasuruan. Pasalnya, sebanyak 350 orang siswa rencananya akan menampilkan atraksi musik yang sangat unik dan beda dari biasanya.

Edi Santoso, salah satu guru bidang kesenian sekolah tersebut menjelaskan, atraksi musikĀ  akan dilakukan di bantaran sungai complong, Kejayan pada tanggal 4 maret 2012 nanti.

“Kita akan memperingati Hari musik nasional tahun ini beda dari biasanya,” ujar Edi saat ditemui wartabromo, Sabtu (25/2/2012).

Menurut Edi, selain dilaksanakan di bantaran sungai, festival musik yang mengambil tema beda tetap satu tersebut juga tidak menggunakan alat-alat musik pada umumnya melainkan alat-alat rumah tangga sederhana, seperti tutup panci, gelas, jurigen air dan sebagainya.

“Sederhana, tapi tetap mengedepankan keharmonisan, kekompakan dan penampilan,” tambahnya.

Dari hasil pengamatan wartabromo di lapangan, sejumlah siswa mulai menggelar latihan bersama pada sabtu (25/2/2012) hari ini. Mereka terbagi atas 8 grup besar yang terdiri atas 40 hingga 42 orang siswa yang masing-masing terbagi atas kelompok vokal dan musisi.

Sekedar informasi, pencanangan hari musik nasional sendiri digagas oleh PAPPRI (Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia) sebagai bentuk gerakan perlawanan dunia musik atas maraknya pembajakan produk musik Indonesia. (jid/yog)