Alhamdulillah! 5 Warga Kota Pasuruan Negatif Flu Burung

413


Bugul kidul (wartabromo)– Warga Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul kini bernafas lega menyusul keluarnya hasil tes Balai Besar Kesehatan (BBLK) Surabaya terhadap 5 orang warga setempat yang sebelumnya diduga suspect flu burung.

Hasil tes laboratorium kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter selama lebih dari sepekan tersebut menyatakan negatif atau tidak terbukti terjangkit virus flu burung seperti yang diduga sebelumnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Bambang Pramono mengaku sangat bersyukur dengan berita gembira tersebut. Menurutnya, dari hasil tes lendir tenggorokan dan uji sampel darah, kelima warga Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul kidul tersebut semuanya dinayatakn negatif dari virus flu burung.

“Semuanya negatif dan hanya sakit biasa,” ujar Bambang saat ditemui di kantornya, Jum’at (24/2/2102).
Lebih lanjut Bambang menjelaskan, rata-rata kelima orang warga tersebut hanya terkena penyakit biasa yang diakibatkan rasa ketakutan semata.

Meski demikian hingga saat ini, pihaknya akan tetap melakukan pegawasan dan pengecekan terhadap kondisi warga setempat .
“Kita tetap melakukan pegawasan dan pemeriksaan kesehatan warga,” tambahnya.

Terkait kondisi kesehatan yang dialami oleh Ponima yang sempat dirujuk ke RSUD Saiful Anwar, Bambang menuturkan saat ini kondisinya mulai membaik dan hanya terpengaruh rasa takut saja.

“Petugas hanya ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut saja kemarin,” tutur Pria berkacamata tersebut.

Sebelumnya, paska dinyatakan positif terjangkit virus flu burung atas kematian puluhan ayam milik warga. Lima orang warga Kelurahan Petamanan Kecamatan Bugul Kidul yang diduga terjangkit diambil sampel darah serta lendir tenggorokannya guna diuji Lab di Balai Besar Kesehatan Surabaya. (yog/yog)