Madrasah Tsanawiyah Terbakar, Soal Ujian Ludes

591


Pasrepan (wartabromo) – Diduga akibat konsleting hubungan pendek arus listrik, sebuah Madrasah Tsanawiyah di Desa Pasrepan Kecamatan Pasrepan Pasuruan, Terbakar. Api yang begitu cepat berkobar melalap habis sejumlah dokumen penting dan peralatan milik Madrasah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 wib, Minggu (25/3/2012) dini hari saat sejumlah warga yang hendak menjalankan sholat subuh melihat kepulan asap dari dalam salah satu ruangan Madrasah Tsanawiyah Hidayatun Nasihin, Pasrepan.

Lokasi madrasah yang berdekatan dengan jalan raya dan komplek pasar buah Pasrepan tersebut, Kontan membuat warga maupun sejumlah pedagang yang baru saja memulai aktifitas berjualan panik dan berlarian guna memadamkan api.
Sayang, meski api berhasil dijinakkan sesaat kemudian, sejumlah dokumen penting seperti ijazah siswa, raport dan lembar soal ujian yang akan dilaksanakan pada senin (26/3/2012) esok ludes dilalap api.

“Selain dokumen penting, enam unit komputer dan beberapa perangkat elektronik juga ludes dilalap api,” ujar Yanuar, salah seorang guru Madrasah Hidayatun Nasyiin, Minggu (25/3/2012).

Meski demikian, sejumlah guru mengaku, secara teknis aktifitas belajar mengajar siswa tidak akan terganggu akibat peritiwa tersebut.

Rencananya sejumlah soal ujian yang masih bisa diselamatkan akan diperbanyak dengan foto copy agar para siswa kelas IX masih bisa melaksanakan ujian sekolah pada senin esok.

“Nanti soal yang masih bisa diselamatkan, di-foto copy, agar siswa tetap bisa ujian, ” ujar Bambang, Staf Pengajar Madrasah.

Sementara paska kejadian, petugas kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan terkait penyebab utama peristiwa tersebut. Akibat kejadian ini kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (yog/yog)