Awas! Maling Bus Merajalela Beraksi Saat Penumpang Terlelap

627
Foto : Dokumen

Nguling (wartabromo) – Hati-hati bagi anda yang biasa naik bus agar senantiasa menjaga barang bawaan anda. Pasalnya, kerapkali terjadi aksi kejahatan dalam bus ketika sang penumpang lengah atau pun terlelap.

Kejadian tersebut dialami oleh Tri Endah Mulyanti (44) warga asal Malang yang sempat kehilangan uang dan barang berharga lainnya saat ia menumpang bus dari arah Bali menuju Malang tepatnya di jalan raya Desa Sedarum Kecamatan Nguling, Pasuruan.

Kasubaghumas Polres Pasuruan menjelaskan, korban sempat kehilangan uang tunai berbentuk dollar senilai $ 170 dan juga perhiasan emas berupa kalung yang ternyata dicuri oleh penumpang lainnya bernama Sujud (53) warga Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya saat ia sedang terlelap.

“Pelaku mengambil dompet berisi uang dan kalung korban saat ia terlelap ” ungkap Kasubaghumas, AKP Bambang HS, Jum’at (4/5/2012)

Modus yang dilakukan pelaku adalah duduk disamping korban dan mengambil barangnya saat ia terlihat lengah.

Beruntung, aksi pencurian yang dilakukan oleh pelaku langsung direspon tegas oleh awak bus dengan menghentikan kendaraan dan menggeledah seorang penumpang yang sudah dicurigai.

“Sopir bus berhenti dan menggeledah pelaku yang sudah dicurigai penumpang lain,” tambah AKP Bambang.

Setelah terbukti mencuri, pelaku pun akhirnya diturunkan dan dilaporkan ke Mapolsek Nguling untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas AKP Bambang HS. (yog/yog)