Jalan Ditutup Pemilik Lahan, Warga Ngamuk

249
Ngamuk - Puluhan warga Desa Gunung Sir, Desa Kapasan Kecamatan Nguling memprotes aksi penutupan jalan antar kampung, Kamis (21/6/2012)

Nguling (wartabromo) – Akibat tak terima lantaran jalan kampung yang biasa dilewati warga ditutup oleh pemilik lahan, puluhan warga di Dusun Gunung Sir, Desa Kapasan, Kecamatan Nguling, Pasuruan marah dan menggelar aksi protes, Kamis (21/6/2012).

Para warga tak terima jika jalan yang biasa dilewati warga tersebut ditutup ataupun dipersempit oleh Muadin (50) sang pemilik lahan. Warga yang terdiri dari para ibu-ibu dan anak-anak tersebut menggelar aksi keluar rumah dan berkumpul di lahan milik muadin dengan berteriak-mengecam aksi penutupan yang dilakukan Muadin.

“Kami minta agar jalan ini dibuka dan diperlebar. Karena ini sudah jadi jalan warga sejak turun temurun,” ujar masrifah, salah seorang warga.

Meski sempat berlangsung tegang, namun aksi warga tersebut berhasil diredam setelah sejumlah anggota Polisi dari Polsek Nguling serta camat setempat berusaha berdialog dengan warga.

“Warga hanya tak terima dengan penutupan jalan ini, namun kita masih cari solusi yang baik,” tegas AKP Jaenuri, Kapolsek Nguling pada wartawan.

Berdasarkan pantauan wartabromo di lapangan, jalan sepanjang 50 meter tersebut memang sudah cukup lama digunakan warga sebagai jalur penghubung antar kampung. Namun, sayangnya jalan yang tersebut melintasi lahan milik Muadin, warga setempat. (yog/yog)