Harga Gula Pasir di Pasuruan Tembus Rp 17 Ribu

260
Foto : Ilustrasi/medannewstoday.blogspot.com

Pasuruan (wartabromo) – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan sejumlah barang kebutuhan pokok kerapkali naik drastis. Fenomena ini mulai tampak sejak sepekan terakhir pada harga gula pasir yang kian merangkak naik.

Dari data yang dihimpun wartabromo, harga gula pasir ditingkat eceran, naik hingga mencapai Rp 17 ribu di sejumlah pasar tradisional.

Harga gula pasir tertinggi dirasakan oleh warga di sekitar Pasar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan. Di Pasar tersebut, harga gula pasir eceran naik dari harga sebelumnya yang hanya Rp 11 ribu/kg menjadi Rp 17 ribu/kg.

Kondisi ini kontan membuat para pembeli yang biasa berbelanja di Pasar tersebut mengeluh, apalagi kenaikan tersebut hampir terjadi tiap hari.
“Sepekan terakhir naik terus. Hari ini mencapai Rp 17 ribu,” ujar Sri Astutik seorang pembeli, Jumat (22/6/2012).

Naiknya harga gula yang tidak wajar tersebut sangat membuat khawatir pembeli, apalagi menjelang datangnya bulan suci ramadhan, yang membuat kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.

Sementara, ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan berjanji akan segera melakukan tindakan dengan inspeksi mendadak (sidak,red) ke sejumlah pasar tradisional untuk menekan naiknya harga kebutuhan pokok di pasaran.

“Kalau benar, Kita akan segera melakukan pengecekan harganya di pasaran,” ujar Agung Mariono, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan pada wartawan. (yog/yog)