Pakde Karwo Beri Nama ‘Jaliteng’ Anakan Sapi Hasil Kawin Silang

207
Manja - Salah satu anakan sapi hasil kawin silang pejantan Banteng Jawa dan sapi Bali, Selasa (17/7/2012). Foto: M Athuf.

Prigen (wartabromo) – Setelah 3 bulan, anakan sapi jenis baru hasil kawin silang antara pejantan banteng Jawa (Bos Javanicus) dengan betina sapi Bali (Bos Javanicus Domestica) akhirnya mempunyai nama. Anakan sapi Bali yang diklaim unggul itu diberi nama Jaliteng oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

“Diberi nama Jaliteng,” kata Soekarwo saat mengunjungi lokasi pengembang-biakan sapi Bali dan banteng Jawa di Taman Safari Prigen, Selasa (17/7/2012).

Jaliteng, lanjut Soekarwo, berarti Jawa Timur, Sapi Bali dan Banteng Jawa. Yakni hasil persilangan antara banteng Jawa dan sapi Bali yang lahir di Jawa Timur.

Sejak kelahiran anakan sapi Bali pertama pada Kamis (5/4/2012), 3 ekor anakan sapi Bali jantan sudah lahir dari proses perkawinan silang yang dilakukan Taman Safari Prigen bekerjasama dengan Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur.

Ke-4 anakan tersebut lahir dari 4 induk yang berbeda, diantaranya induk bernama Kemi (4), Nunung (5), Dewi serta Fitri yang masing-masing berumur 4.5 tahun. Semuanya lahir dari satu penjantan banteng Jawa bernama Matos (6).

“Program ini bertujuan untuk mendapatkan keturunan sapi Bali yang memiliki kualitas lebih unggul,” demikian kata Kurator TSI II Prigen, Drh Ivan Chandra. (fyd/fyd)