Serpihan Ledakan Diamankan, Rumah Muslimin Dinyatakan Steril

219
Sempit - Tim Gegana melakukan penyisiran di rumah Muslimin yang berada Gang Flamboyan, sebuah gang sempit dan padat di Jalan Hangtuah, Kelurahan Ngemplakrejo, Rabu (12/09/2012). Foto: Gesang Arif Subagyo.

Purworejo (wartabromo) – Penyisiran yang dilakukan Tim Gegana Polda Jatim di rumah Muslimin, Kelurahan Ngemplakrejo berhasil mengamankan serpihan ledakan dari lokasi. Setelah penyisiran yang dilakukan selama dua jam itu, lokasi ledakan dipastikan sudah aman.

“Sudah steril dan aman. Kita lakukan penyisiran di seluruh bagian rumah,” kata AKP Teguh Santoso, Kasubden Jibom Gegana Gegana Polda Jatim usai penyisiran, Rabu (12/09/2012).

Dalam penyisiran tersebut pihaknya mengumpulkan dan mengamankan serpihan ledakan yang diduga masih mempunyai potensi meledak. Penyisiran, kata Teguh, dilakukan sesuai protap. Setelah dilakukan pembasahan serpihan ledakan dimasukan ke sebuah kantong plastik untuk kemudian dibawa mengunakan mobil Gegana ke Mapolres Pasuruan Kota.

Teguh tidak merinci serpihan apa saja yang dimasukan ke dalam kantong plastik itu. Ia juga tidak menjelaskan jenis bahan peledak apa yang digunakan Muslimin membuat bom ikan. “Bukan kewenangan kami,” ujarnya.

Penyisiran rumah Muslimin sebagai buntut dari ledakan susulan yang terjadi saat olah Tempat kejadian perkara (TKP) yang digelar Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Surabaya pada Selasa (11/09/2012) sore. Akibat ledakan itu, anggota Labfor diketahui bernama Ipda Nur Hidayat mengalami luka di kaki kanannya. (fyd/fyd)