Dilantik, Panwaslu Siap Brantas Money Politic

206
Disumpah - Tiga anggota Panwaslu Kabupaten Pasuruan saat dilantik, Senin (22/10/2012)

Pasuruan (wartabromo) – Anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan resmi dilantik. Money politic sebagai ‘penyakit’ demokrasi menjadi fokus perhatian pengawasan.

“Money politic menjadi fokus perhatian kita. Pilkada harus bersih dari money politic agar menghasilkan pemimpin yang baik,” kata Suryono, anggota Panwaslu Kabupaten Pasuruan baru dilantik usai pelantikan di Kantor Bupati Pasuruan, Senin (22/10/2012).

Selain money politic, pihaknya juga fokus pada netralitas pegawai negeri sipil. PNS harus neral dan tidak boleh memihak. “Semua yang melanggar aturan akan ditindak,” ujarnya.

Suryono juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan ruang pada kekuatan politik maupun serta tim sukses calon malakukan intervensi tugas pengawasan.

“Kita tidak akan diintervensi oleh kekuatan politik manapun dan kepentingan apapaun dalam tugas pengawasan,” tandasnya.

Ahmad Hidayat, anggota Paswaslu lain mengatakan bahwa panitia pengawas kecamatan dan panitia pengawas lapangan tidak mungkin bisa mengawasi keseluruan tahapan pemilu. Untuk itu, pihaknya meminta bantuan dari semua pihak dan juga pers untuk mengawasi pelaksanaan pemilu.

“Kita akan mengutamakan tindakan preventif,” ujarnya.

3 anggota Panwaslu yang dilantik di Gedung untung Suropati Kantor Bupati Pasuruan diantaranya Suryono, Ahmad Hidayat dan Joko Handoyo. Mereka dilantik oleh Ketua Bawaslu Propinsi Jawa Timur, Sufyanto. (fyd/fyd)