Pawai Obor Ribuan Ibu dan Anak Meriahkan 1 Muharram

306
Meriah - Pawai obor ibu dan anak peringati tahun baru Hijriyah, Rabu (14/11/2012). Foto: Putra Bagaskara

Bugulkidul (wartabromo) – Peringatan 1 Muharram di Pasuruan dimeriahkan pawai obor ribuan ibu dan anak. Lebih dari 1500 peserta pawai keliling kota memperingati Tahun Baru Islam, 1434 Hijriyah, Rabu (14/11/2012) malam.

Para peserta pawai berangkat dari desa maupun kelurahan mereka masing-masing. Mereka datang bergelombang dan membawa obor, serta spanduk dari institusinya masing-masing. Sepanjang jalan, mereka tak henti-hentinya mengumandangkan sholawat.

Selain membawa obor, beberapa peserta pawai juga membawa penggeras suara. Di tengah-tengah gema sholawat, juga terdengar suara petasan dari peserta pawai. Usai mengelilingi jalan-jalan kota, ribuan ibu dan anak tumplek-blek di alun-alun kota. Kontan alun-alun kota yang sebelumnya lenggang berubah menjadi lautan manusia.

“Pesertanya dari jamaah pengajian dan siswa-siswi madrasah,” ujar Salma (35), peserta pawai dari Kelurahan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Sementara Saikhon, panitia pawai dari Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, saat berbincang dengan wartawan mengatakan, pawai digelar untuk menghormati 1 Muharram.

“Untuk menghormati tahun baru Islam,” katanya, sembari mengatur anak-anak yang mengikuti pawai.

Pengamatan di lokasi, para peserta pawai memadamkan obor begitu sampai di alun-alun. Usai mengumandangkan sholawat beberapa saat, mereka pulang ke rumahnya masing-masing. (fyd/fyd)