12-12-12, Belasan Pasangan Ikuti Nikah Massal

237
Bahagia - Salah seorang mempelai tersenyum haru usai dinikahkan, Rabu (12/12/2012). Foto: Gesang Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Seakan tidak mau kalah dengan artis, belasan pasangan di Pasuruan ikuti nikah massal di tanggal cantik 12-12-2012. Uniknya, semua pasangan yang nikah massal merupakan pasutri yang selama ini sudah menikah secara siri.

Bukan hanya tanggalnya yang cantik. Jam pelaksanaan pernikahan pun ditepatkan pada pukul 12.12 Wib. Pernikahan digelar di Kantor Kementrian Agama, Kota Pasuruan.

‘’Kita sengaja undang mereka. Kita memilih tanggal dan jam pelaksanaan hari ini untuk menarik minat pasangan nikah siri agar mau dinikahkan secara negara dan tercatat di KUA,’’ kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pasuruan, Makmur Salim. Menurut Makmur, angka 12/12/2012 pukul 12.22 akan diabadikan dalam surat nikah mereka.

Pasangan nikah siri yang dinikahkan secara massal berjumlah 17. Rata-rata mereka berusia 40 – 50 tahun. mereka berasal dari 3 kecamatan di Kota Pasuruan. Dari Kecamatan Purworejo sebanyak 11 pasangan, Kecamatan Bugul Kidul 3 pasangan dan Gadingrejo sebanyak 3 pasangan.

‘’Bukan hanya dinikahkan secara gratis, juga diberikan mas kawin, uang transportasi serta diajak berkeliling kota dengan becak,’’ jelas Makmur. Nikah massal tersebut, merupakan rangkaian dari peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-67.

Pantauan wartabromo.com, semua pasangan yang dinikahna massal tampak terharu. Raut kebahagiaan terpancar dari wajah mereka. Beberapa diantaranya bahkan menangis usai dinikahkan.

‘’Saya senang bisa nikah (secara negara),’’ ujar Muhammad Rabi’, salah seorang peserta nikah massal. (fyd/fyd)