Wow! Ratusan Massa Serbu KPUD, Polisi Terlibat Bentrok

496

Kejayan (wartabromo) – Ratusan massa yang merasa tak puas dengan kinerja KPUD kabupaten Pasuruan tiba-tiba mendatangi kantor KPUD di Jalan Raya Kejayan, Pasuruan. Mereka tampak beringas dan penuh amarah sehingga langsung menyerbu Kantor KPUD yang dijaga ketat oleh 1 SSK Dalmas Polres Pasuruan dibantu 1 SSK Dalmas Polda Jatim.

“Bakar KPU,” teriak seseorang dari kerumunan massa.

Polisi menduga teriakan tersebut berasal dari kelompok provokator yang ingin memperkeruh suasana. Hanya saja, sebelum polisi bergerak untuk menghalau massa. Mereka tiba-tiba menyerang dengan cara melempari petugas dengan benda keras dan air sehingga petugas terpukul mundur lantaran kuwalahan.

Tak hanya itu, massa yang mengamuk tersebut juga membakar ban bekas sehingga menimbulkan kekacauan yang tak terhindarkan.

Dalam keadaan kacau tersebut sekelompok orang tak bertanggung jawab juga mulai melakukan penjarahan terhadap mobil pengangkut logistik milik KPUD sehingga Polisi terpaksa melepaskan gas air mata dari water canon yang sudah disiapkan.

Sejumlah orang yang diduga provokator pun diamankan oleh petugas. Sementara beberapa orang yang berusaha melawan terpaksa kena tembakan petugas dari satuan unit tangkal brimob.

Kejadian di atas hanyalah skenario simulasai pengamanan Pilkada yang dilakukan oleh jajaran Polres Pasuruan di depan Kantor KPUD, Rabu (30/1/2013). Simulasi tersebut dilakukan sebagai latihan operasi mantab praja dalam rangka pengamanan Pilkada 2013 di Kabupaten Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kapolres Pasuruan, AKP Ricky Purnama, Komisioner KPUD serta Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Suryono Pane.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kapolres menjelaskan, simulasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan polisi dalam menghadapi Pemilukada yang akan berlangsung di Kabupaten Pasuruan. termasuk kejadian kerusuhan yang bisa saja terjadi. Menurutnya, saat ini pihaknya telah menyiapkan sekitar 3000 an personil yang tersebar di seluruh wilayah Polres Pasuruan termasuk sejumlah titik rawan konflik.

“Kita telah siapkan semua, termasuk petugas BKO dari Polda jatim dan Polres Pasuruan Kota,” ujar AKBP Ricky Purnama. (yog/yog)