Penguin Humboldt Jadi Penghuni Baru TSI II Prigen

251

Prigen (wartabromo) – Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Pasuruan kembali menerima penghuni baru di bulan April ini. 10 ekor pinguin jenis humboldt (sphenicus Humbold) didatangkan oleh Pihak TSI II Prigen dari Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor, Sabtu (20/4/2013).

Satwa langka yang memiliki habitat asli di Pantai Pasifik Amerika Selatan tersebut terdiri atas 1 ekor pinguin jantan, 3 ekor pinguin betina serta sisanya masih berumur 1 tahun.

Drh Nanang Tejo Laksono, dokter hewan TSI II Prigen menjelaskan, hewan akuatik jenis burung tersebut merupakan hewan yang memiliki tinggi badan 65 centimeter, berat badan 4 kilogram dan setiap harinya memakan kriil (sejenis udang), ikan, cumi-cumi dan hewan air lainnya.

“Makanan pinguin tersebut dapat dicari dengan mudah di wilayah kita,”ujar Drh Nanang.

Menurutnya, guna memudahkan adaptasi, untuk sementara waktu pinguin Humboldt tersebut diisolasi dalam ruang khusus yang telah disesuaikan seperti habitat aslinya.

“Kita isolasi dulu biar bisa beradaptasi dengan lingkungannya yang baru,”tambahnya.

Rencananya, pinguin humboldt tersebut sudah bisa dilihat oleh para pengunjung mulai tanggal 9 Mei 2013 di lokasi area Baby zoo yakni Aquatic Land.

“Pinguin ini satwa yang ramah yakni bisa dipegang digendong dan diajak bermain-main,”ujar Idham, Humas TSI II Prigen.

Bagi para pengunJung yang ingin menyaksikan pinguin humboldt tersebut, pihak TSI II tidak akan memberlakukan tiket tambahan. (yog/yog)