Buruh Pabrik Mebel Wonorejo Kembali Demo Tuntut Gaji

673

Wonorejo (wartabromo) – Aksi protes kembali dilakukan puluhan buruh perusahaan mebel PT Milenia Furniture Indonesia (MFI), Wonorejo. Setelah beberapa waktu lalu menggelar aksi ngemis di jalan raya, kali ini mereka memblokir gerbang pabrik. Aksi itu untuk menuntut empat bulan gaji yang belum dibayar perusahaan.

Sekitar 35 buruh pria-wanita melakukan aksi duduk-duduk di depan dua gerbang pabrik, Senin (15/7/2013). Sebagian mereka tampak tiduran di bawah terik matahari, sebagian lagi berorasi. Para buruh membawa peralatan dapur sebagai simbol hidup mereka susah selama tidak mendapatkan gaji. Sementara beberapa poster tuntutan ditempelkan di tembok pabrik.

“Kita tidak peduli panas, tidak peduli puasa. Kita mau gaji dibayar,” kata Suwandi (42), salah seorang buruh. Suwandi mengaku sudah 20 tahun bekerja di pabrik tersebut. Teman-temannya yang ikut demo juga demikian.

Baca Juga :   PWI Pasuruan Sesalkan Kekerasan Terhadap Wartawan di Acara Munajat 212

“Selama ini kita hidup susah tak punya penghasilan. Janji manajemen di beberapa pertemuan selalu dingkari. Kita sudah ketemu-ketemu terus, tapi hasilnya sama saja. Kita sudah bosan,” ungkap Suwandi.

Puluhan buruh yang berdemo ini diskorsing pasca terjadi kebakaran pabrik empat bulan silam. Selama itu nasib mereka tidak ada kejelasan.  “Kita minta ketegasan perusahaan. Kita ini diskor tidak, di-PHK juga tidak. Selama ini perusahaan tetap menerima karyawan,” tandasnya.

Sementara kuasa hukum perusahaan, Susilo, hanya bungkam saat ditanya perihal tuntutan buruh. “Saya tidak bisa komentar,” katanya sambil berlalu dengan mobil.

Aksi blokir gerbang pabrik masih berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, dalam pengawalan sejumlah polisi dan satpam. Buruh mengancam tidak akan bubar sebelum tuntutan dipenuhi. (fyd/fyd)