Dikunjungi SBY, Walikota Hasani Berharap Mebel Bukir Semakin Berkembang

417
SBY KE BUKIR – SBY bersama Walikota Pasuruan Hasani di Pusat Industri Mebel Bukir, Kamis (1/8/2013). Foto: G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Walikota Pasuruan, Hasani tidak dapat menyembunyikan kebahagiaan setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Pusat Industri Mebel Bukir. Ia berharap dengan kunjungan orang nomor satu di republik ini, Bukir semakin dikenal luas dan berkembang.

“Kita berharap kunjungan ini bisa meningkatkan industri mebel di sini. Pembeli nasional dan internasioanl jadi semakin tahu karena Presiden datang ke sini,” harap Hasani usai kunjungan SBY ke Pusat Industri Mebel Bukir Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, Kamis (1/8/2013).

Mebel merupakan produk andalan kota Pasuruan sejak lama. Pusat industri mebel yang berada di Kelurahan Bukir ini bisa menyerap ribuan tenaga kerja. Di tempat ini terdapat 20 unit usaha mebeler. Dalam sebulan omzet per unit mencapai Rp 20 juta.

Barang-barang yang dijual di tempat ini juga berasal dari ribuan pengrajin mebeler yang ada di Kota Pasuruan. “Ada sekitar 3000 unit usaha mebeler di Pasuruan,” imbuhnya.

Menurut pengusaha mebeler, Hasim, berharap kendala tranportasi terutama pengiriman melaui kapal dapat teratasi. Selain itu izin kepabeanan juga diharapkan semakin dipermudah karena banyak produk mebel yang diimpor.

“Kendala utama ya ketersediaan bahan baku,” kata pemilik Aida Furniture ini.

Mengakhiri rangkaian safari Ramadan di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, SBY mengunjungi Pusat Industri Mebel Bukir. SBY yang datang bersama Ibu Any Yudhoyono dan sejumlah menteri sempat berdialog dengan pengusaha dan membeli beberapa produk mebel. (fyd/fyd)