Yonkav Beji Siapkan Garasi untuk 53 Tank Leopard

0
93
Tank Leopard - Tank leopard saat ditunjukkan kepada media di Yonkav 8/2 Beji. Foto : Istimewa
Tank Leopard - Tank leopard saat ditunjukkan kepada media di Yonkav 8/2 Beji. Foto : Istimewa
Tank Leopard – Salah satu jenis Tank leopard saat ditunjukkan kepada media di Yonkav 8/2 Beji. Foto : Istimewa

Beji (wartabromo) – Batalyon Yonkav 8/2 Beji terus berupaya membangun sarana dan prasarana yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan 53 tank Leopard yang merupakan tank  pengisi peran penembakan berat langsung (heavy direct fire) pada angkatan bersenjata modern.

Komandan Batalyon Yonkav 8/2, Letkol Kav Otto Solu mengatakan, total garasi yang tersedia sebanyak 27 ruang, dengan rincian, 20 garasi untuk tank leopard jenis kanon atau tank yang hanya berisi 3 personil, kemudian 4 garasi untuk jenis transporter (pengangkut personil), tiga garasi jenis komando yaitu kendaraan (tank) yang khusus untuk para komandan, serta 3 garasi yang disediakan untuk kantor piket.

“Yang jelas kami sudah melakukan berbagai persiapan yang cukup matang, sampai nantinya tank leopard benar-benar datang,”pungkas Otto kepada WartaBromo, Rabu (4/9).

Kendati demikian, tentang kapan tank tersebut akan datang belum ada  informasi lebih lanjut dari pusat.

“Kalaupun datang pasti akan bertahap, karena bobot tanknya sangat berat alias berton-ton. Tidak akan dikirim sekaligus,” imbuhnya.
Selain 27 ruang, Yonkav Beji menurut Otto juga akan melakukan pembangunan 14 garasi lainnya di atas lahan sekira 2 hektar dengan rincian 9 garasi untuk tank jenis kanon, 3 komando, dan satu garasi untuk workshop atau bengkel.

Untuk diketahui, Tank Leopard adalah tank jenis MBT, yang dibuat untuk menggantikan peran tank ringan, medium, berat dan superberat. Tank tersebut sering dioperasikan untuk mendukung tank ringan di beberapa batalyon angkatan darat. (eml/yog)