Warga Pandaan Demo Kantor BPN, Lalin Terganggu

804
Demo BPN – Tak kurang seratus warga berdemo di depan kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasuruan, Senin (9/9/2013). Foto: G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Seratusan warga Pandan berdemo di depan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasuruan, Senin (9/9/2013). Mereka memprotes kinerja BPN yang dianggap lambat. Aksi warga ini membuat Jl Pahlawan, Kota Pasuruan terganggu.

“Kami datang ke sini untuk meminta pertanggungjawaban BPN soal salah tempat tanah. Selain itu, kami menyayangkan kinerja BPN yang terkesan lambat,” teriak Agus Heru Setyawan, Koordinator Aksi.

Warga datang dengan meawa puluhan poster yang berisi kecaman pada BPN. Mereka juga menuntut agar BPN segera melakukan perbaikan data pada sebidang tanah dengan luasan 1050 m2 yang salah letak di Kelurahan Pandaan.

“Ini sudah terjadi sejak tahun 1988, jadi kami datang ke sini untuk meminta BPN agar cepat memperbaiki data yang menurut kami sangat salah,” tandasnya.

Baca Juga :   Mulai Hari Ini, Seluruh Pegawai Pemkab Pasuruan Wajib Pakai Pin Hari Jadi

Kasubag Tata Usaha BPN Kabupaten Pasuruan, Samsul Hadi, menjelaskan pihaknya akan langsung melakukan pengecekan terhadap tanah yang dianggap salah letak. Ia menyarankan agar para pendemo menempuh jalur hukum daripada berdemo.

“Kalaupun memang mengalami kesalahan dan tidak terima, silahkan langsung ke jalur hukum, karena BPN tidak bisa menentukan mana yang salah atau yang benar,” ungkap Samsul.

Ia mengelak jika dikatakan lambat dalam bekerja. “Kita punya program One Day Service, dan itu bisa langsung selesai hanya dalam waktu satu hari. Kalau masyarakat ingin melakukan pengecekan tanah, balik nama, atau kepengurusan hak kepemilikan silahkan datang,” pungkasnya. (fyd/fyd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.