Ribuan Peserta Job fair di Pasuruan Berebut 4.725 Lowongan Pekerjaan

224
Antri - Sejumlah pencari kerja antri foto copy di lokasi job fair 2013 di convention hall The Taman Dayu, Pandaan, Selasa (24/9/2013). Foto : H8
Antri - Sejumlah pencari kerja antri foto copy di lokasi job fair 2013 di convention hall The Taman Dayu, Pandaan, Selasa (24/9/2013). Foto : H8
Antri – Sejumlah pencari kerja antri foto copy di lokasi job fair 2013 di convention hall The Taman Dayu, Pandaan, Selasa (24/9/2013). Foto : H8

Pandaan (wartabromo) – Ribuan pencari kerja memadati lokasi job fair 2013 di Convention Hall The Taman Dayu, Pandaan, Selasa (24/9/2013). Mereka memperebutkan sekitar 4.725 lowongan pekerjaan yang disediakan oleh 54 perusahaan dari 3 kota di Jawa Timur yakni Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan.

Menurut Kepala Disnakersostran Kabupaten Pasuruan, Yoyok Heri Sucipto, Job fair yang diselenggarakan oleh Disnakersostran Kabupaten Pasuruan bekerjasama dengan Disnakersostran Propinsi Jawa Timur serta sejumlah perusahaan tersebut sengaja digelar untuk memberikan kesempatan bekerja terutama bagi warga Kabupaten Pasuruan yang baru lulus sekolah dan tak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Di Kabupaten Pasuruan, lulusan SMU dan SMK yang mencari pekerjaan setidaknya mencapai 22 ribuan,” ujar Yoyok saat ditemui wartawan di lokasi kegiatan juga merupakan rangkaian peringatan hari jadi kabupaten Pasuruan ke-1084 tersebut.

Dijelaskannya, dengan diadakannya job fair tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah angka pengangguran di Kabupaten Pasuruan.

“Perusahaan peserta job fair yang paling banyak membutuhkan pekerjaan yakni perusahaan di bidang produksi rokok,” jelas Yoyok.

Dari pantauan wartabromo, total perusahaan yang mengikuti kegiatan job fair tersebut sebanyak 54 perusahaan tersebar di tiga kota yakni : Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan.  Sementara total tenaga kerja yang dibutuhkan yakni sebanyak 4.725 tenaga kerja.

Pihak Disnakersostrans sendiri membuka layanan One Stop Service di lokasi job fair, yakni layanan pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning,red ) secara langsung dengan menempatkan petugas untuk membantu mengisi formulir lamaran serta menyediakan fotocopy gratis bagi para pencari kerja. Rencananya job fair tersebut akan berlangsung hingga 25 september 2013, besok. (h8/yog)