Pasuruan Sukses Panen 250 Ton Gandum

614
Panen Gandum - Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat panen gandum di desa Ngadiwono kecamatan Tosari. foto : eml
Panen Gandum - Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat panen gandum di desa Ngadiwono kecamatan Tosari. foto : eml
Panen Gandum – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat panen gandum di desa Ngadiwono kecamatan Tosari. foto : eml

Tosari (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan telah sukses membudidayakan tanaman gandum di Kecamatan Tosari, Pasuruan. Sebanyak 100 hektar lahan yang ditanami tanaman gandum dipastikan mampu menghasilkan sebanyak 250 ton gandum siap panen pada akhir september dan oktober mendatang.

Menurut Kepala Dinas pertaanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan, tingkat kesuburan tanah dan ketinggian wilayah Desa Ngadiwono Kecamatan Tosari cukup sesuai untuk budidaya tanaman gandum. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanaman yang tumbuh subur di wilayah tersebut.

“Bayangkan saja, hanya setengah hektar, kita mampu memanen 1,5 ton gandum,” ujar Ihwan bangga.

Ihawan menambahkan, Jumlah tersebut jauh lebih banyak daripada panen gandum yang dilakukan oleh India yakni hanya 1,5 ton per hektarnya.

“Ini sudah sangat cukup untuk memenuhi konsumsi gandum di Pasuruan, khususnya pengolahan gandum menjadi tepung terigu,”terang Ihwan.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf bahkan untuk pertama kalinya menyaksikan Panen awal gandum di lahan seluas 0,5 hektar bersama dengan Direktur Jenderal Pasca Panen, Ir Dadih Permana, Senin (23/9/2013) lalu.

Pemkab Pasuruan sendiri telah mengelontorkan anggaran sebanyak Rp 45 juta dari dana APBD tahun 2013 untuk dipergunakan bagi program pengembangan komoditas pangan alternatif khususnya gandum. (eml/yog)