Pengidap Kusta Pemakan Tikus Dibawa ke RS Kusta Mojokerto

852

penderita-kusta-probolinggoKuripan (wartabromo) – Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur akhirnya membuktikan janjinya untuk membawa Sarep (40) penderita Kusta yang diasingkan di dasar jurang pegunungan Tengger Dusun Kalibendo Desa Menyono Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo ke rumah sakit kusta Sumber glagah, Mojokerto, Sabtu (18/1/2014).

Menurut salah seorang Bidan Desa Menyono, Lina Widiawati, sejumlah tim medis dibantu warga sempat mengalami kesulitan saat melakukan evakuasi dari dasar jurang. Mereka juga memakai sapu tangan karey dan masker saat mengangkat tubuh Sarep.

“Rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 04.35 wib dengan menggunakan 2 unit mobil. 1 unit ambulance dan 1 mobil jenis sedan, “terang Lina.

Dijelaskannya, Proses evakuasi sendiri dilakukan sekitar pukul 07.15 wib dengan alasan perjalanan dari Probolinggo ke Mojokerto membutuhkan waktu yang cukup lama serta kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Baca Juga :   Kelas Tertimpa Pohon, Siswa SDN Kedung Rejoso II Mengungsi

Sebelumnya, Kabid Pengendalian penyakit Kusta Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, Sumarsono mengatakan, kondisi Sarep sangat buruk dan perlu di rujuk lantaran sudah masuk kategori stadium 4.

Selain itu, kebiasaan Sarep yang sering memakan tikus, kucing atau ular bisa mengakibatkan lambungnya dan pencernaannya tidak stabil. (rhd/yog)