Mengenal Helman Kamal Husein, Pejalan Kaki Keliling Nusantara

0
316
helman kamal husein
Helman Kamal Husein / kfk.kompas

Pandaan (wartabromo) –Usia yang sudah menginjak setengah abad tak membuat semangat Helman Kamal Husien (53) warga Karang Pilang Surabaya menjadi patah semangat. Diawali ingin mengetahui kekayaan alam dan budaya di seluruh Indonesia, dirinya nekad melalukan jalan kaki mengelilingi tanah Nusantara.

Dengan semangat yang membara Helman Kamal Husien berangkat dari Surabaya pada tanggal 25 Nopember 2010 lalu dengan tujuan Jakarta. Hanya bermodalkan uang saku Rp.200 ribu dimulainya petualangan mengelilingi tanah Nusantara ini. Setiap hari Helman membawa beban tas ransel seberat 15 Kg yang berisikan perbekalannya.

Disamping ingin mengetahui aneka kebudayaan dan kekayaan alam, Helman Kamal Husien juga ingin mempromosikan perdamaian dan rasa kesetiakawanan pada seluruh masyarakat Indonesia serta menjaga kelestarian keragaman budaya adi luhung Indonesia.

Saat ditemui wartabromo, Helman Kamal Husien sedang melepas lelah sembari menyantap hidangan di food teras Taman Dayu Pandaan.

Ia mengaku Sudah 3 tahun berkelana mengintari Indonesia. Tak terhitung pula pejabat mulai setingkat Camat sampai Gubernur yang telah berkenan menerimanya. Bahkan pejabat militer dan sejumlah duta besar negara sahabat juga pernah berfoto bersamanya.

Pulau Jawa, Sumatra,Kalimantan,Sulawesi,Ambon, Irian jaya,NTT,NTB,Bali telah dilaluinya hanya dengan berjalan kaki.Dirinya tak mempermasalahkan akan tidur dan beristirahat dimana saja, bahkan ditengah hutan pun jadi. Sedangkan untuk makan dan perbekelan yang diperlukan selama ini, Helman mengaku mendapatkan pemberian dari orang yang simpati terhadap aksinya.

Pada awal tahun 2012 lalu dirinya juga sempat singgah di Istana Merdeka, namun tak dapat menemui presiden SBY yang saat itu sedang kunjungan ke luar negeri dan hanya ditemui oleh Wapres, Budiono.

“Kebanggan tidak terlupakan akan dipersembahkan pada seluruh masyarakat serta keluarga besar nanti,”ujar Helman Kamal Husien.

Baginya, Negeri ini banyak sekali kekayaan alam yang belum tersentuh oleh tangan, maka dari itu, Helaman mengajak anak negeri ini membangun dan makmurkan Indonesia dengan apa yang telah tersedia didalam bumi Nusantara. (gnr/yog)