Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Siap Cetak e-KTP

791
Sejumlah siswa melakukan perekaman e-KTP. (Emil/wartabromo.com)

Pasuruan (wartabromo) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan siap melakukan pencetakan E-KTP. Kebijakan ini menyusul keputusan hasil Rapat Kordinasi Nasional Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Jakarta yang memberikan wewenang kepada pemkab/pemkot dalam hal pencetakan sisa e-KTP yang masih belum selesai hingga tahun 2013 lalu.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tri Agus Budiharto, mengatakan setiap daerah akan segera menerima software maupun hardware beserta blanko dokumen kelengkapan pelayanan kependudukan, khususnya e-KTP pada bulan januari ini.

“Kalau software kita sudah mendownload dari pusat, tinggal blanko dan perangkat kerasnya saja yang belum ada. Kita masih menunggu kiriman dari pusat. Semoga beberapa hari kedepan sudah datang dan sudah siap mencetak sendiri,” kata Agus, Selasa, 21 Januari 2014.

Baca Juga :   10 Pajak Daerah jadi Jagoan Pasuruan untuk Genjot PAD Tahun 2018

Seluruh anggaran pencetakan, kata Agus, sepenuhnya berasal dari APBN melalui Kemendagri. Untuk besaran anggaran masih menunggu pengesahan APBN tahun 2014. Saat ini, kata Agus, Kemendagri masih melakukan pengkajian.

Agus menjelaskan, untuk dana dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2014 sudah dialokasikan untuk pengadaan alat cetak dan pita maupun printer e-KTP sebesar Rp 900 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk 1.013.993 penduduk di Kabupaten Pasuruan yang telah melakukan perekaman data.

“Sisa jumlah penduduk yang belum rampung e-KTP nya sekitar 8,28% dari total penduduk sekitar 1.626.933 orang. Dan itu akan kami habiskan pada tahun ini juga,” pungkasnya. (eml/fyd)