Mortir Jenis Roket akan Diserahkan Ke Wasandik Brimob

459

Kertosari (wartabromo) – Mortir jenis roket yang ditemukan oleh warga di Dusun Kademangan Desa Kertosari, Pasuruan akan diserahkan ke bagian pengawasan senjata api dan bahan peledak (wasandik) Brimob Watu kosek, Gempol, Pasuruan.

“Kita belum tahu mas, apakah roket itu masih aktif atau tidak?. Biar Wasandik yang memeriksanya,”ujar salah seorang petugas Polsek Purwosari, Bripgadir Kensandi.

Berdasarkan pantauan wartabromo di lokasi, mortir jenis roket yang ditemukan oleh warga saat sedang menggali pondasi rumah milik Erwin (44) diduga merupakan peninggalan jaman perang yang diduga tidak meledak saat diluncurkan dari pesawat.

Mortir jenis roket ini memiliki berat sekitar 5 kilogram dengan panjang 40 centimeter dan diameter 10 centimeter. Saat ditemukan, kondisi mortir tersebut sudah berkarat lantaran telah terpendam bertahun-tahun.

Guna menghindari hal-hak yang tidak diinginkan, petugas Polsek yang melakukan proses evakuasi membungkus roket tersebut dengan handuk basah.

Seperti diwartakan sebelumnya, Warga Desa Kertosari Kecamatan Purwosari, Pasuruan digegerkan dengan penemuan mortir aktif oleh warga setempat, Senin (3/2/2014). Mortir aktif tersebut ditemukan oleh salah seorang warga bernama Misno ketika sedang ikut gotong royong menggali pondasi rumah milik Erwin (44), warga Dusun Kademangan Desa kertosari, Pasuruan. (ryn/yog)