Si Dana Lahir, Satwa Orang Utan TSI II Prigen Bertambah

467

orang-utan-TSI-PrigenPrigen (wartabromo) – Penghuni Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan bertambah. Seekor anak Orang Utan berkelamin Jantan lahir pada tanggal 14 Pebruari lalu.

Bayi orang utan yang dinamai Dana itu berasal dari Pasangan Orang Utan Betina Dina (15) dan Tompo (17)dilahirkan secara normal di Ruang Karantina TSI II Prigen sekitar pukul 02.00 WIB.

Drh Praticta Ayu, dokter yang menangani kesehatan satwa di TSI II Prigen mengatakan, dana lahir dengan berat mencapai 2 kilogram dalam kondisi sehat.

“Begitu lahir, dana langsung disusui oleh induknya, tidak ada penyakit atau cacat tubuh, semuanya sehat,” pungkas Ayu pada wartabromo, Senin (17/2/2014).

Pihak TSI II Prigen terus memantau perkembangan kesehatan Dana secara ketat hingga ia siap untuk diperlihatkan di hadapan para pengunjung TSI II Prigen.

Menurut Ayu, hampir setiap hari sang induk selalu diberi multivitamin berbentuk suplemen, khusus untuk memperlancar ASI Indukannya.

“Sama dengan manusia, sang induk juga minum suplemen, bedanya hanya sulemennya khusus untuk satwa saja,” terangnya dengan senyum.

Kelahiran bayi orang utan bernama Dana tersebut sekaligus menambah jumlah satwa orang utan di TSI II Prigen mencapai 25 ekor. Terdiri atas, 12 ekor orang utan betina dan sisanya 12 ekor pejantan. (eml/yog)