Slametan Desa, Ribuan Warga Prigen Berebut Gunungan

375

sedekah-bumiPrigen (wartabromo) – Lapangan Desa Lumbangrejo Kecamatan Prigen, Pasuruan dipadati oleh ribuan warga yang ingin berebut gunungan hasil bumi setelah sebelumnya diarak keliling desa, Minggu (23/2/2014).

Meski prosesi acara bertema selamatan bumi dan ruwatan desa belum berakhir namun upaya untuk berebut gunungan beraneka rupa tersebut tak terelakkan. Ribuan warga pun saling berdesakan untuk mengambil isi gunungan yang dibawa oleh masing-masing perwakilan 5 dusun di Desa Lumbangrejo tersebut.

Sempat terjadi kericuhan dan saling dorong antar warga, namun tak berapa lama kemudian gunungan berisi hasil bumi itu pun ludes dan beralih ke tangan warga dengan senyuman puas di bibir masing-masing.

Kepala Desa Lumbangrejo, Ciptoroso mengatakan acara tersebut merupakan wujud syukur atas kesuburan alam yang dianugrahkan kepada desa lumbangrejo selama ini.

“Tidak ada niatan apa-apa, hanya bersyukur,”ujar Kepala Desa Lumbangrejo, Ciptoroso.

Menurutnya, Desa diperbatasan Mojokerto memiliki banyak potensi hasil bumi yang melimpah Seperti durian, alpukat dan sayur mayur lainnya.

Kegiatan Selametan Desa sendiri dipusatkan di lapangan desa setempat setelah sebelumnya dilakukan pawai gunungan hasil bumi di jalan-jalan desa yang diikuti oleh ribuan warga dari 5 dusun. Sejumlah atraksi budaya dan hiburan juga disajikan seperti pencak silat dan reog. (yog/yog)