Belum Satu Hari Dilipat, 300 Surat Suara DPD Ditemukan Rusak

247

surat-suara-pilegBangil (wartabromo) – Belum berjalan satu hari, surat suara pemilu caleg 2014 yang dilipat oleh 600 warga Kecamatan Kejayan maupun Rembang, Kabupaten Pasuruan, sudah banyak yang rusak. Kebanyakan surat suara rusak yang ditemukan, kondisinya robek di bagian kanan serta banyak bintik-bintik pada gambar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Mujayanah (31), tenaga pelipat asal Desa Sladi, Kejayan menemukan puluhan surat suara DPD (Dewan Perwakilan Daerah) yang sobek, sehingga dia dan 9 orang temannya langsung memisahkan dengan surat suara yang utuh dan dalam kondisi baik.

“Kebetulan saya memang sudah pernah mengikuti sortir ini, jadi ya langsung saya pisahkan, kemudian saya tunjukkan kepada pengawas lapangan,” akunya.

Lain halnya dengan Robi (25), peserta asal Desa Oro-Oro Ombo Wetang mengaku menemukan belasan surat suara yang cacat karena terdapat bintik-bintik pada salah satu peserta Pileg 2014. Senada dengan Mujayanah, Robi pun menyendirikan surat suara cacat itu, untuk selanjutnya dilaporkan kepada pengawas.

“Saya pertama kali diajak untuk sortir surat suara ini, awalnya sedikit ragu, tapi ternyata memang ini cacat, sehingga langsung saya pisah dengan yang utuh,” tandasnya.

Sementara itu, Titin Wahyuningsih, Anggota KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik mengaku kaget saat melihat banyaknya surat suara dengan kondisi cacat. Bahkan, hanya dalam waktu satu jam pelipatan, pihaknya telah menerima lebih dari 300 surat suara yang rusak karena sobek dan bintik-bintik
dari beberapa kelompok pelipat. Untuk itu, dirinya mengintruksikan kepada seluruh peserta, agar menghitung jumlah surat suara rusak tersebut, barulah langkah berikutnya akan segera dibuatkan berita acara untuk ditujukan kepada KPU Propinsi Jawa Timur maupun percetakan yang ditunjuk.

“Belum satu hari tapi sudah banyak yang rusak, kami harus menghitung hingga selesai pelipatan surat suara DPD ini, kalau selesai maka kita akan langsung mengembalikan kepada percetakan, dengan persetujuan KPU Jatim,” ucapnya.

Sementara itu,  total jumlah surat suara yang sudah diterima KPUD sebanyak 3.592.098 surat, terdiri dari surat suara DPD, DPR RI, dan DPRD Propinsi, sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten, direncanakan akan tiba pada 15 maret mendatang.

 

Sampai berita ini ditulis, KPU masih melakukan penghitungan berkelanjutan, lantaran menunggu hingga selesainya pelipatan surat suara DPD. (eml/yog)