KPU Probolinggo : Ada TPS di Rutan, di Rumkit Tidak Ada

739

surat-suara-pilegKraksaan (wartabromo)– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, mulai menyiapkan logistik pemilu  bagi para narapidana yang ada di Rumah  Tahanan (Rutan ). Persiapan itu diantaranya berupa surat suara serta pengaturan denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam rutan.

Isfak Yulianto bagian Divisi Logistik di  KPU Kabupaten Probolinggo, KPU menyediakan TPS khusus bagi para narapidana yang ada di Rutan Kelas 2 B Kraksaan. Pasalnya, mereka tidak bisa memilih di desa masing- masing akibat  tersandung masalah.

“KPU menyediakan satu TPS untuk para narapidana yang akan di tempatkan di dalam rutan,”ucapnya.

Namun demikian, untuk TPS khusus di rumah sakit, pihaknya mengaku tidak menyediakannya sehingga bagi orang yang terkena musibah pada saat pileg mendatang, mereka bisa menyumbangkan surat suaranya di TPS terdekat. Seperti TPS yang ada di Desa Kandang Jati Wetan dan TPS yang lain.

Baca Juga :   Soal Gaji, Ratusan Karyawan PT Nestle Wadul Disnaker

“Yang penting mereka bisa menujukkan surat panggilan untuk memilih dalam pileg,” tegas Isfak Yulianto.

Dijelaskannya, KPU sudah memetakan TPS yang akan di jadikan tempat pemungutan suara bagi pemilih yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sedangkan yang akan menjadi lokasi bagi pemilih dalam menyumbangkan suaranya sebanyak 2300 TPS, tersebar di 330 desa dan kelurahan di wilayah 24 Kecamatan.

Isfak Yulianto, menyebutkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Probolinggo dalam pileg mendatang sebanyak 854.030 dengan total 412.443 untuk pemilih laki-laki dan 441.587 untuk pemilih perempuan.

“Data  DPT itu bisa juga bertambah dengan adanya pemilih yang masih belum terdata. Dengan cacatan, mereka bisa menujukkan bukti berupa KTP atau data kependudukan lainnya. Yang terpenting mereka sudah memiliki hak untuk memilih,”pungkas Isfak. (rhd/yog)