Harus Selesai Hari Ini, Tenaga Pelipat Surat Suara Diminta Lembur

0
128

surat-suara-pasuruanBangil (wartabromo) – Proses pelipatan surat suara pemilu legislatif 2014 di Kabupaten pasuruan yang sudah dilakukan selama 9 hari harus bisa diselesaikan dengan tuntas hari ini, Selasa (18/3/2014).

Titin Wahyuningsih, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan dari Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik mengatakan, khusus hari ini, semua surat suara yang belum selesai dilipat harus dilembur atau diselesaikan hingga larut malam.

“Para pelipat biasanya selesai pukul 17.00 WIB, akan tetapi karena hanya kurang sekitar 10.000 surat suara saja, maka kita lemburkan mereka, dan alhamdullah banyak yang mau,” kata Titin.

Alasan diselesaikannya hari ini, lebih pada upaya untuk melakukan agenda pemantaban logistik, maupun tahapan Pileg yang lain. Kata Titin, jadwal coblosan hanya kurang beberapa hari saja, sehingga pihaknya memilih menjemput bola terhadap kegiatan, mulai dari setting alat tulis, kotak suara, bilik suara, dan lain-lain.

“Kalau mepet dengan waktu coblosan, pasti ada saja yang tidak maksimal. Maka dari itu, karena surat suara yang dilipat hanya kurang sedikit, maka bisa diselesaikan oleh beberapa kelompok saja,” tandasnya.

Sementara itu, sampai berita ini ditulis, total surat suara rusak dari jumlah total  4.789.464 surat suara yang ada sebanyak 2500 surat, terdiri dari 583 surat suara rusak DPD, kemudian 703 surat suara rusak DPR RI, 845 surat suara DPRD Jatim, dan untuk kabupaten masih belum kita rekap, karena pelipatan masih berlangsung,” ujar Titin sembari mengawasi jalannya pelipatan di GOR Raci, Bangil. (eml/yog)