Lahan Siap, Pembangunan MAN IC Tunggu Anggaran Turun

789

MAN-ICPasuruan (wartabromo) – Pembangunan MAN IC (Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia) di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan yang sempat terganjal pembebasan sejumlah bidang lahan akhirnya selesai juga.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf telah menerbitkan SK Bupati Pasuruan Nomor 030/152/HK/424.013/2014 tentang Penghapusan /Pelepasan Hak Atas Tanah dari Daftar Inventaris Milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan pada tahun 2014, tertanggal 7 maret 2014 lalu.

Dalam SK tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasuruan memutuskan melepaskan hak atas tanah yang terdaftar dalam inventarisasi aset pemerintah Kabupaten Pasuruan seluas 68.602 meter persegi, untuk dihibahkan hak dan penguasaan atas tanah tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia cq.Kementerian Agama Republik Indonesia guna pembangunan dan penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan mengatakan, paska dikeluarkannya SK Bupati, pihaknya langsung berangkat ke Jakarta untuk menyerahkan SK hibah tersebut kepada Kementerian Agama Pusat.

Menurutnya, pihaknya hanya tinggal menunggu kapan anggaran untuk pembangunan fisik, khususnya tahap I, yakni pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan asrama, dapat segera turun pada pertengahan tahun ini.

“Mudah-mudahan secepatnya, karena kabupaten pasuruan akan dilihat oleh dunia, salah satunya melalui MAN IC,” imbuhnya.

Sementara itu, sisa lahan seluas 3,2 hektar yang menjadi kekurangan dalam draft MoU Pembangunan MAN IC itu juga menjadi prioritas utama, lantaran Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran khusus, demi percepatan pembangunan sekolah yang digadang-gadang berkualitas tersebut. Untuk pembangunan tahap I sendiri diperkirakan menyedot anggaran hingga 10 milliar.

“Semua biaya pembangunan berasal dari APBN, kita hanya kebagian menyiapkan lahan saja, dan alhamdulillah semua sudah rampung,” pungkas Barnoto. (eml/yog)