Ribuan Jama’ah Padati Haul Mbah Arif Segoropuro

564

haul segoropuroRejoso(wartabromo)– Sekitar puluhan ribu warga NU (Nahdlatul Ulama) dari sejumlah daerah banjiri haul Alm. Mbah Sayyid Arif bin Abdurrohman Basyaiban, yang berada di Desa Segoropuro, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Sabtu siang, (12/4/2014).

Berdasarkan pantauan wartabromo, para jamaah haul tersebut, sejak pagi sudah memadati tempat berlangsungnya haul. Bahkan, sebagian dari jamaah haul yang berasal dari luar daerah Pasuruan sudah sampai di Pasuruan sehari menjelang haul.

Kharisma mbah Arif yang merupakan aulia dan ulama yang telah mesyiarkan agama Islam di tanah kota santri itu, menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah ulama dan penjabat yang hadir dalam khaul tersebut.

Habib Rozi bin Shihab Basyaiban, salah satu panitia menuturkan, bahwa khaul ini setiap tahun sekali dilaksanakan. “Dan khaul pada kali ini merupakan haul ke-303. Alhamdulillah, dari tahun ke tahun jamaah haul Mbah Arif ini semakin banyak,”imbuhnya.

Baca Juga :   4 Penambang Tertimbun Pasir di Lumajang, 1 Orang Tewas

Di sisi lain, adanya haul itu menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kaki lima dan warga setempat. Itu terlihat ratusan stand pedagang kaki lima tersebar di sejumlah lokasi.

“Lumayan mas, adanya haul ini membuat saya berjualan di sini. Sebab biasanya saya kalau jualan di pasar Ngopak, tapi karena biasanya kalau haul di sini ramai pengunjung, jadinya saya memilih berjualan di sini,”ucap Satuna, salah satu pedagang baju asal Grati tersebut. (Abu/yog)