Jelang Pilpres, Kapolda Jatim Uji Coba Alutista

462

Gempol (wartabromo) – Menjelang masa tenang pilpres,  Kapolda Jatim Irjen pol Unggung Cahyono berkunjung ke Mako Brimob Watu Kosek Gempol, Pasuruan, Sabtu (5/7/2014).

Kunjungan ini terkait kontijensi serta mengecek dan uji coba alutista (alat utama sistem persenjataan) sesuai perekat (peraturan perangkat)  no 1 tahun 2009 dan no 1 tahun 2010 tentang  penggunaan kekuatan dan tindakan kepolisian ketika menghadapi Unjuk rasa fase 5 dan penanggulangan anarkis dengan menggunakan peluru hampa, peluru karet hingga peluru tajam dg tujuan untuk melumpuhkan dari pinggul kebawah.

“Dalam penggunanaan senjata tidak ada maksud untuk melumpuhkan total” terang Kapolda.

Acara yg digelar dilapangan tembak brimob tersebut, Kapolda bersama jajaranya mencoba langsung senjata pelontar gas air mata untuk mencari titik kemiringan yang tepat, aman saat mnghadapi massa.

“Kita mencoba penggunaan senjata pelontar gas air mata dari kemiringan 15,30 sampai 45 untuk mencari titik aman bagi anggota dan tepat sasaran” tambah Unggung.

Sementara untuk mengamankan jalannya pilpres 2014 polda Jatim melibatkan 28.000 personil dan dibantu 8.100 TNI. (ryn/yog)