Melihat Serunya Adu Jago Robot Terbang

681
Robot fixedwings DreaMagination dari Jogjakarta lepas landas/M Athuf al-Fayyadh Fth/wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Kontes robot terbang 2014 yang digeber di lapangan Aeromodelling, TNI AU Raci, Bangil, Pasuruan, hari ini, Sabtu (11/10/2014), berlangsung seru. Para peserta yang terdiri dari 36 tim adu jago dalam kontes bertema Search and Rescue tersebut.

Antusiasme para peserta sudah terlihat saat prepare. 36 tim baik kategori mahasiswa, pelajar dan umum serius mempersiapkan robot yang akan konteskan.

Sorai dan tepuk tangan riuh saat robot-robot baik kelompok fixedwings maupun rotarywings berhasil lepas landas. Suasana kian ramai saat robot-robot tersebut berhasil menyelesaikan misi pencarian korban bencana alam dan pemberian bantuan dan mampu landing dengan baik.

Secara umum robot-robot peserta bisa menyelesaikan misi, meski belum tentu memuaskan para juri.

Baca Juga :   Markonah Dilarang Pintar!

Robot fixedwings milik tim DreaMagination, Jogjakarta menjadi salah satu robot yang bisa menyelesaikan misi dengan sempurna. Robot yang dirancang 3 bulan dengan biaya Rp 12 juta itu juga smooth landing.

“Misinya sempurna, tapi kami belum tahu hasilnya dari juri,” kata ketua tim I Gede Dangin.

Robot fixedwings Aira II Unikom Bandung, Mata Dewa Unesa dan DJ 01 milik SMKN I Way Pengubuan Lampung Tengah, merupakan beberapa robot yang tampil memukau.

Meski begitu ada dua robot fixedwings yang mengalami insiden jatuh dan gagal take off. “ada gangguan autonomos, saat recover nggak bisa,” kata anggota tim Valkyrie ITB mengomentari robotnya yang jatuh dari ketinggian lebih dari 200 meter hingga hancur.

Baca Juga :   Pasangan Independen Kampanye Dengan Ziarah Makam

Kontes ini dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pukul 18.00. Kontes ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Jumat dengan presentasi dan running robot, sedangkan hari ini digelar pertandingan penyelesaian misi. Minggu besok merupakan pengumuman pemenang.

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2014 merupakan ini yang kedua setelah tahun lalu dilaksanakan pertama kali di ITB pada tanggal 8-10 Nopember 2013.

Pelaksanaan KRTI dikoordinasikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional, bekerjasama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). (fyd/fyd)