Dua Jamaah Haji Asal Probolinggo Meninggal Dunia

444

hajiProbolinggo (wartabromo) – Dua jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo mengembuskan nafas terakhirnya ditanah suci Makkah setelah menjalankan rangkaian ibadah haji.

Kedua jamah tersebut yakni, Suwito Binti Sidin (54) salah satu warga pesisir Dusun Melati Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo dan Nirjo bin Ma’in salah satu warga Dusun Rebbesan Desa Alas Tengah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Busthami, mengaku kalau meninggalnya kedua jamaah haji tersebut diketahui setelah pihaknya mendapatkan informasi dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang diikutinya.

”Keduanya dikabarkan meninggal dikarenakan kondisi sakit,” terangnya Kamis (16/10/2014).

Menurutnya, untuk jamaah haji Suwito mengikuti KBIH An-Nahdiyyah dikabarkan meninggalnya akibat sakit. Sedangkan untuk Nirjo mengikuti KBIH Haramain, meninggal akibat serangan paru-paru.

“Tapi kedua jamaah tersebut sudah dinyatakan selasai dalam menjalankan wukuf. Secara otomatis sudah menyelesaikan rukun haji,”tandas Busthomi.

Busthami mengaku, kedua jenasah jamaah haji sudah dimakamkan di tanah suci Makkah. Sebab untuk jamaah, haji yang meninggal dimakkah kebanyakan menguburnya disana.“Karena disana sudah disiapkan untuk lokasi pemakaman umum bagi jamaah haji,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, jamaah haji akan tiba di Kabupaten Probolinggo pada 29 Oktober besok. Untuk kloter 47, awalnya sebanyak 442 orang. Namun, karena ada yang meningal dunia 2 orang sehingga hanya tersisa 440 orang. Sedangkan untuk kloter 46 berjumlah 123 orang jamaah haji.

“Untuk penjemputan jamaah haji Kabupaten Probolinggo, pihak keluarga menjemputnya diminiatur Kahbah Jalan Raya Curahsawoh Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo,”tandasnya. (rhd/yog)