Batik Printing Kok Dibanggakan

916

Padahal, ia sangat berharap supaya seragam batik yang selama ini dipakai Pegawai Pemkot Pasuruan, adalah batik  karya pengrajin batik di Kota Pasuruan. Namun, selama ini batik dengan motif Daun Sirih dan Burung Kepodang, bukan batik tulis atau batik cap karya pengrajin batik melainkan printing.

“Kalau benar mau mendukung potensi usaha batik di Kota Pasuruan, harusnya seragam batik yang dipakai PNS-PNS itu batik tulis, bukan batik printing,” imbuhnya.

Padahal, Pemkot Pasuruan sendiri sempat berencana membuat surat edaran ke instansi non pemerintahan, BUMN serta perusahaan swasta yang berisi imbauan agar para karyawannya menggunakan batik khas Kota Pasuruan sebagai seragam kerja mereka.

Pemkot juga telah mengeluarkan kebijakan bagi pegawainya agar mengenakan seragam kerja batik khas Kota Pasuruan pada Rabu dan Kamis. Selain pegawai, pelajar SD juga diwajibkan mengenakan pakaian batik pada dua hari tersebut.

Kota Pasuruan, memiliki batik khas, dengan corak daun sirih dan burung Kepodang yang bernama Pasedhan Suropati. Sangat disayangkan itu batik printing.