Buruh Bisa Ngaji di Pondok Pesantren Industri

226

investasi-pasuruanPasuruan (wartabromo) – Para buruh di kawasan industri Pier Rembang, Pasuruan diharapkan tak hanya sibuk bekerja melainkan juga bisa mengisi hari-harinya dengan mengaji dan beribadah.

Obsesi itu kini akan berbuah kenyataan setelah Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengeluarkan pernyataannya bahwa Pemerintah daerah akan segera mendirikan Pondok Pesantren Industri di sekitar kawasan industri Pier rembang, Pasuruan dalam waktu dekat ini.

“Ini obesesi yang ternyata gayung bersambut. Lahannya sudah ada dan programnya ternyata ada di Kementrian perumahan rakyat,” ujar Irsyad Yusuf saat bertemu dengan sejumlah wartawan.

Menurutnya, lahan yang akan diperuntukkan bagi pendirian Pondok Pesantren Industri tersebut didapatkan dari hibah masyarakat dengan luasan sekitar 4.000 meter persegi di Desa Selotambak Kecamatan Kraton. Pembangunan yang dikemas dalam konsep Rumah Susun Sewa (Rusunawa) tersebut, nantinya akan dilakukan secara bertahap melalui Dinas PU dan Cipta Karya Kabupaten Pasuruan.

“Pondok Pesantren Industri itu bertujuan untuk menambah wawasan ahlaq dan keislaman di kalangan buruh. Kebetulan ada warga yang menyambut baik rencana ini,”tegasnya.

Dijelaskannya, Pondok Pesantren Industri tersebut nantinya akan melibatkan Ponpes-ponpes di daerah sekitar seperti Kraton, Rembang dan Bangil.

Untuk diketahui, Salah satu Program Kementerian Perumahan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu II adalah pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk Ponpes-ponpes di Indonesia. Kemenpera kala itu, menargetkan pembangunan 999 rusunawa untuk lembaga pendidikan pondok pesantren (ponpes) di seluruh Indonesia pada tahun 2014.

Pada era saat ini, Presiden Joko Widodo menggabungkan nomenkaltur Kementrian perumahan Rakyat dengan Kementrian PU menjadi Kementrian PU dan Perumahan Rakyat. (yog/yog)